Pemecahan Masalah Anak TK



PERS.MY.ID - Keterlibatan langsung orang tua dan guru sering muncul dalam pemecahan masalah yang dihadapi Anak TK. Oleh karena itu, ada beberapa masalah yang sebenarnya bisa diselesaikan oleh anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan anak dalam memecahkan masalah sehari-hari berdasarkan proses berpikir pemecahan masalah. Penelitian ini melibatkan 25 anak sebagai partisipan dengan rentang usia 4-6 tahun di beberapa TK (taman kanak-kanak). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data keterampilan pemecahan masalah anak dianalisis secara kuantitatif. 

Dari hasil penelitian Pemecahan Masalah Anak TK diperoleh beberapa hasil antara lain: 

  • Kemampuan pemecahan masalah Anak TK paling banyak berada pada kategori sedang;
  • Mengajar dengan pendekatan pemecahan masalah Sangat mudah untuk menambahkan aktivitas jenis pemecahan masalah prasekolah dan taman kanak-kanak ke rutinitas harian Anda.
  • Mempelajari cara mendekati dan memecahkan masalah sejak dini, tidak hanya membantu anak-anak menikmati dan berharap dapat menyelesaikannya, tetapi juga membantu mereka menjalin dan mempertahankan teman.
  • Kegiatan pemecahan masalah prasekolah dan taman kanak-kanak memberi anak-anak kesempatan untuk menggunakan keterampilan yang telah mereka pelajari sebelumnya dan memberi Anda kesempatan untuk mengajarkan strategi pemecahan masalah baru.

Bagaimana cara mengembangkan pendekatan pemecahan masalah?

Mengajukan pertanyaan kepada anak-anak seperti, “Bagaimana kamu…?” atau “Tunjukkan padaku bagaimana kamu bisa…?”, membantu mengatur panggung untuk mengajar dengan pendekatan pemecahan masalah. Pertahankan topik pemecahan masalah tentang mata pelajaran yang menarik minat siswa. Anak-anak terus-menerus mencoba memecahkan masalah saat mereka bermain.

Bermain menciptakan peluang kelas untuk pemecahan masalah

Pemecahan masalah kreatif untuk anak-anak Bermain menciptakan banyak peluang untuk pemecahan masalah prasekolah dan taman kanak-kanak. Awasi siswa Anda selama waktu pusat dan bantu mereka menemukan kosakata untuk mengidentifikasi masalah mereka, menemukan solusi, dan menguji ide-ide mereka.

Mungkin seorang anak TK mulai frustrasi saat dia bermain dengan balok. Untuk membantunya fokus pada masalah, ajukan pertanyaan seperti:

  • Apa yang Anda coba lakukan dengan blok Anda?
  • Apa yang tidak berfungsi?
  • Apa yang sudah kamu coba?
  • Bisakah Anda memikirkan cara lain untuk menumpuk balok?
  • Apa lagi yang bisa Anda coba?
  • Mendorong pemikiran kreatif
  • Perkuat pemikiran kreatif, bukan hasil. Kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kreatif itu penting.

Pemecahan masalah Anak TK

Identifikasi masalah ?? 
Bicara tentang masalahnya. Misalnya, beberapa anak mungkin khawatir karena anak-anak lain menyembunyikan penanda pusat untuk pusat bermain dan memberikannya kepada teman-teman mereka. Anak-anak lain tidak mendapat giliran.

Cari fakta?? 
Hanya ada 4 penanda pusat untuk pusat bermain karena kecil dan lebih dari 4 anak akan terlalu ramai. Beberapa anak menyembunyikannya sehingga mereka bisa bermain dengan anak yang sama setiap saat.

 

Investigasi dan Pemecahan Masalah

Menggunakan waktu yang singkat untuk memeriksa dan menyelidiki objek, seperti bulu atau batu, menarik perhatian anak-anak dan menantang mereka untuk bertanya, untuk mengembangkan pola pikir menjadi pemecah masalah dan berpikir secara mandiri


Strategi Terbaik Untuk Masalah Umum Teratas Di Taman Kanak-Kanak (Anak TK)


Guru taman kanak-kanak harus menyadari masalah yang paling umum di kelas taman kanak-kanak. Anak-Anak TK kecil yang lucu itu menghadirkan serangkaian masalah yang unik. Bagi banyak orang, ini adalah pengalaman sekolah nyata pertama mereka. Mereka baru saja melewati tahap balita, dan guru TK akan membutuhkan berbagai cara untuk menyelesaikan masalah ini.

Anak TK Anda pasti ingin pindah. Mereka tidak bisa duduk diam terlalu lama. Mungkin bahkan lima menit terlalu lama bagi seorang guru TK untuk membiarkan mereka duduk diam. Coba bagi pelajaran menjadi sesi-sesi singkat dan buat mereka bergerak. Gerakan apa pun akan dilakukan, sebenarnya.
 
Mereka bisa menghitung dengan menjentikkan jari. Pelajari warna dengan menunjuk ke objek. Bahkan berjalan di sekitar ruangan bermain mengikuti guru. Seorang guru taman kanak-kanak harus pandai menggabungkan gerakan dan interaksi sepanjang hari sekolah. Tahukah Anda bahwa para ahli mengatakan ini benar-benar akan meningkatkan konsentrasi? Anda bahkan tidak perlu membuat gerakan atau aktivitas menjadi berisik. Itu bisa tenang. Arahkan ke hidung. Jabat tangan kanan Anda. Bahkan menggoyangkan jari Anda. Dengan memberikan kesempatan kepada anak-Anak TK Anda untuk bergerak, mereka akan cenderung tidak mengalami perubahan suasana hati dan siap mendengarkan.

Masalah pispot mungkin adalah masalah taman kanak-kanak terbesar di luar sana. Dan setiap guru yang pernah mengajar di taman kanak-kanak sudah mengetahui hal ini. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan? Anak-anak usia ini tidak terbiasa melakukannya sendiri. Itu bisa menjadi bagian dari masalah. Solusi sederhana untuk itu, adalah memberi tahu orang tua untuk mulai melakukannya di rumah. Biarkan anak pergi dan menggunakan kamar mandi tanpa bantuan.

Dengan begitu, mereka akan terbiasa. Anda harus membuat toilet Anda senyaman mungkin. Beberapa anak mengalami masalah dengan ini dan mencoba dan menahannya. Itu hanya menyebabkan kecelakaan. Cara terbaik untuk mencegah masalah toilet di sekolah, adalah membuat anak nyaman pergi ke sekolah. Jadwalkan istirahat toilet yang cukup, dan yang paling penting, biarkan anak-anak pergi saat dibutuhkan dan perhatikan gerakannya. Guru TK yang baik tahu sinyal toilet.

Makan juga bisa menjadi masalah di taman kanak-kanak. Jika Anda memiliki waktu makan siang atau camilan terjadwal, Anda mungkin tahu sekarang bahwa anak-anak dapat mengalami masalah makan di sekolah. Mereka tidak punya waktu. Mereka bermain-main atau berbicara alih-alih makan. Membuka karton dan bungkusan bisa menjadi masalah bagi Anak TK untuk melakukannya sendiri. Berkonsentrasi pada keterampilan motorik dan biarkan mereka bereksperimen dengan paket dan karton. Pastikan makanan yang dibawa atau disajikan dalam potongan-potongan kecil yang benar-benar dapat ditangani oleh Anak TK. Sesuatu seperti sandwich utuh akan menjadi masalah. Seperti biasa, seorang guru TK yang baik mengawasi siswa dan membuat penyesuaian sesuai kebutuhan. Anak-anak yang lapar di sekolah atau sepulang sekolah itu tidak baik.

TK adalah pabrik kuman. Sepertinya setiap anak di kelas Anda sakit berkali-kali dalam setahun. Yah, itu bukan hanya imajinasi Anda. Banyak anak-anak di sekolah sekarang tidak berada di sekitar kelompok anak-anak untuk waktu yang lama. Mereka belum membangun sistem kekebalan. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali beberapa pencegahan. Selalu (mengajarkan) menggunakan air hangat dan sabun setelah mandi dan sebelum makan. Pembersih tangan tidak sempurna, tetapi mudah dan menyelesaikan sebagian besar pekerjaan. Kami telah mengenal guru taman kanak-kanak yang menyemprot meja, kursi, dan meja dengan benda-benda seperti lysol sepulang sekolah. Guru TK yang baik akan mengajarkan kebersihan. Jangan berbagi cangkir, sisir, makanan, dll.

Permainan menangis. TK memiliki banyak versi tentang ini. Dari rengekan sederhana, hingga kehancuran besar. Tidak peduli seberapa manis dan baik Anda berpikir, beberapa anak hanya panik atau mengalami hari yang buruk. Itu terjadi. Anak-anak ini berada di bawah tekanan untuk pertama kalinya dalam hidup mereka yang singkat. Mereka tidak pernah terjaga selama ini, apalagi terjebak di dalam kelas. Mereka merindukan ibu. Mereka merindukan rumah. Mereka tidak tahu lebih baik. Akankah ibu benar-benar kembali dan menjemputku? Berpikirlah seperti anak kecil dan berempati. Pahami apa yang sedang terjadi.

 
Tidak, itu sendiri tidak membuatnya lebih baik, tetapi memberi Anda informasi untuk bersandar. Pastikan orang tua tahu bahwa anak sekarang membutuhkan tidur malam yang nyenyak. Bahwa mereka harus diizinkan untuk bersantai sepulang sekolah. Jenis angin turun. PAUD tidak sama dengan TK. TK memajaki anak dengan cara baru. Banyak orang tua sampai pada kesimpulan yang salah bahwa anak mereka membenci sekolah dan membenci guru, padahal pada kenyataannya mereka hanya lelah dan lelah. Sebutkan hal ini kepada orang tuamu. Dan tersenyumlah! Guru TK veteran tahu bahwa pada bulan Desember atau Januari, anak-anak menjadi jauh lebih baik dalam hal ini!

Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh Anak TK. Ini tidak berarti membodohinya. Artinya perintah dan arahan Anda harus mudah dipahami oleh setiap anak di kelas.

Anda ingin mencontohkan perilaku yang baik, dan ini termasuk arahan dan perintah. "Tolong" adalah kata yang baik, bahkan untuk guru. Jika Anda, sang guru, ingin mereka melakukan sesuatu, menggunakan "Saya ingin" juga bisa efektif. "Aku ingin kalian semua menyenangkan...."

Sebagai Anak TK Anda mengajari mereka sedikit membaca. Jadi, menulis beberapa instruksi di papan tulis untuk dilihat dan dikatakan semua orang dapat membantu. Misalnya, perintah singkat seperti "bersihkan", "dudukkan kursi", "turunkan pensil", "berjalan", "mata ke atas", hanyalah beberapa.

Tolong jangan berteriak. Dengan ruangan yang penuh dengan anak-Anak TK yang berisik, Anda mungkin merasa perlu untuk meninggikan suara Anda. Jangan lakukan itu. Alih-alih berteriak, miliki isyarat perhatian yang Anda gunakan yang akan selalu menandakan bahwa semua orang harus diam dan melihat Anda. Memegang jari Anda ke mulut, membunyikan bel, hanyalah dua contoh. Biasanya menghitung tidak bekerja untuk anak-anak. Mereka akan bertahan untuk nomor terakhir. Berapa angka terakhir? Ide yang lebih baik dengan anak-Anak TK adalah mulai mengucapkan sajak atau menyanyikan lagu yang diketahui semua anak. Mereka benar-benar akan dengan penuh semangat berpadu dan mengikuti. Selesai lagu, Anda siap untuk tugas berikutnya. Anda benar-benar akan melatih mereka dari waktu ke waktu, jadi jangan berharap itu berjalan sempurna pada hari pertama.

TK juga manusia. Jadi, mereka suka diberi tahu atau diperingatkan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Jadi biarkan mereka tahu apa yang akan datang. Sesuatu seperti, "Beberapa menit lagi dan pembersihan akan datang." Anda perlu memutuskan interval "waktu" apa yang mereka pahami.

Puji mereka. Selalu dan sering. Pujilah mereka untuk pekerjaan yang baik dan mengikuti petunjuk. Pujilah mereka karena telah berusaha. TK tidak perlu dihukum (kebanyakan) di sekolah. Mereka perlu didorong, dipelihara, dan dicintai. Mereka akan tampil lebih baik ketika mereka tahu Anda menyukai apa yang mereka lakukan.